Home » » Fakta - fakta Mencengangkan Seputar Migrain

Fakta - fakta Mencengangkan Seputar Migrain

Unik Pasti : Sakit kepala sebelah alias migrain bukan hal yang langka, hampir semua orang pernah mengalaminya. Meski begitu, ada banyak fakta unik tentang migrain yang bahka tidak pernah terbayangkan misalnya bisa memicu keinginan bunuh diri.

Beberapa hal tentang migrain yang jarang diketahui orang adalah sebagai berikut :

1. Bisa memicu keinginan bunuh diri
Berbagai penelitian menunjukkan adanya peningkatan upaya bunuh diri atau bahkan aksi bunuh diri itu sendiri, saat terjadi serangan migrain. "Belum diketahui pasti mengapa migrain dan bunuh diri saling berkaitan, tapi depresi dan migrain secara biologis punya mekanisme yang sama," kata Dawn Buse, PhD dari Montefiore Medical Center.

2. Obat-obatan kadang malah memperburuk
Meski tujuan minum obat adalah meringankan penyakit, beberapa obat untuk migrain justru bisa memperburuk serangan. Kekambuhan migrain dengan intensitas lebih berat terjadi pada penggunaan obat yang terlalu sering, sehingga disebut 'medication-overuse headache'. Jenis obatnya antara lain narkotika, asetaminofen dan sebagainya.

3. Sambaran petir dan migrain bisa terjadi bersamaan
Penelitian pada penderita migrain di Ohio dan Missouri menunjukkan bahwa keluhan migrain cenderung meningkat saat terjadi badai petir. Berbagai faktor terkait cuaca seperti tekanan barometrik dan kelembaban diduga kuat ikut memicu serangan migrain yang muncul saat ada petir.

4. Migrain berhubungan dengan penyakit lain
Orang-orang yang punya riwayat migrain mengalami peningkatan risiko kardiovaskular. Peningkatan risiko akan makin besar jika dikombinasikan dengan faktor lain yakni penggunaan kontrasepsi oral dan kebiasaan merokok. "Riwayat migrain dengan aura digolongkan sebagai penanda penting pada risiko troke," kata Buse.

5. Mendadak senang juga bisa bisa picu migrain 
Stres memang bisa memicu keluhan migrain, tetapi bukan berarti juga kondisi santai dijamin bebas dari ancaman sakit kepala sebelah. Perubahan suasana hati yang terlalu mendadak dari stres ke terlalu santai terbukti bisa menjadi pemicu migrain dalam salah satu penelitian Buse.

6. Orgasme bisa picu migrain
Segala bentuk aktivitas fisik yang berat dan membutuhkan tenaga besar selalu punya risiko memicu serangan migrain. Termasuk di antaranya adalah hubungan seks, apalagi saat mencapai klimaks. Kecenderungan ini agak bersifat individual dan tidak semua orang mengalaminya, sebab penelitian lain juga menunjukkan bahwa kadang-kadang seks justru bisa meredakan migrain.
Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus
Subscribe me on RSS